Kuliah
Tamu BP4 Oleh Dr.David.S.Kodrat,MM,CPM
Pada kuliah tamu pertemuan pertama ini,Bapak “David”
memperkenalkan diri lalu memberikan pemanasan berupa senam otak sebelum
pembahasan materi yang akan diberikan kepada mahasiswa/i.Pak David memberikan
materi yang bertema tentang perusahaan Manufaktur,Retail dan service.Sebelum
Bapak “David” menjelaskan panjang lebar kepada mahasiswa/i,Beliau memberikan
pertanyaan kepada kami dan salah satu teman dari jurusan Akuntansi
bernama”Rico”mencoba untuk menuahkan jawaban menurut pemahaman dari saudara
“Rico”sendiri.
- Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang memproses bahan mentah hingga berubah menjadi barang yang siap untuk dipasarkan.
- Perusahaan Retail adalah kegiatan usaha menjual barang atau jasa kepada perorangan untuk keperluan sendiri,keluarga ataurumah tangga.
- Service adalah sebuah usaha yang memberikan pelayanan berupa jasa.
I.
Over
-Production:........Fitur,Packaging,Cetak
Laporan
II.
Waktu
menunggu:.................Mesin rusak,Perset
III.
Transport yang tidak
diperlukan:.....................Pindah Material,Dokumen
IV.
Inefficient
Processes:.......................Entry
data berulang,Alat tidak memadai
V.
Inventori berlebih:..................................Produksi
tidak sesuai permintaan
VI.
Unnecessary
Motion:....Mencari
informasi,Menata barang,berjalan fotocopy
VII.
Produk Defect;dan
VIII.
Kreativitas karyawan yang tidak digunakan
Akrivitas memelihara dan
memperbaiki produk dan service yang ditawarkan kepada perusahaan.
4.
4. Karakteristik
Industri Manufaktur
1) Ada proses pengolahan bahan baku(row
material,barang dalam proses)menjadi produk.
2) Setiap work station akan mengkonsumsi biaya.
3) Revenue ditentukan oleh “keunggulan
kompetitif”perusahaan dalam menghasilkan produk.
GAMBAR-GAMBAR SAAT
PEMBERIAN MATERI...!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar