PERUSAHAAN JASA
BANK SINARMAS MISG
Didirikan pada tahun 1989 berdasarkan Akta no. 52 tanggal 18 Agustus 1989 yang dibuat di hadapan Buniarti Tjandra, SH., Notaris di Jakarta, yang telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tertanggal 21 Oktober 1989. Pada awalnya pangsa pasar yang dibiayai adalah usaha kecil, menengah dan mikro; akan tetapi seiring dengan perkembangan usaha dan guna memenuhi kebutuhan para nasabah kegiatan usaha berkembang pada pembiayaan konsumer dan komersial.
Setelah
1(satu) tahun dari masa pengambilalihan, PT.Bank Sinarmas mengalami pertumbuhan
usaha yang cukup mengembirakan, hal ini terlihat perbandingan pencapaian tahun-tahun
sebelumnya dengan tahun 2006.
Untuk
meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan memperluas jaringan dilakukan
pengembangan jaringan kantor yaitu pada akhir tahun 2005 jumlah jaringan kantor
sebanyak 15 kantor bertambah menjadi 29 kantor per Maret 2007 yang tersebar
hampir diseluruh propinsi di Indonesia dan telah terhubung secara real time
on-line.
Dengan
komitmen yang tinggi dari pemegang saham, pengurus dan karyawan Bank untuk
meningkatkan mutu pelayanan dengan standar yang paling tinggi kepada para
nasabah disertai dengan struktur keuangan yang kuat akan menjadikan Bank
Sinarmas sebagai Bank yang terpercaya.
Visi
Menjadi Bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan
distribusi yang terintegrasi dan layanan yang prima“.
Misi
1. Memperluas jaringan kantor.
2. Memperluas basis nasabah, mulai dari nasabah
kecil hingga korporasi
3. Meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dan
Sumber Daya Manusia dalam rangka memberikan layanan terbaik melalui payment
system yang lengkap.
4. Good Corporate Governance.
Secara umum penerapan
prinsip-prinsip GCG di Bank Sinarmas antara lain:
1.
Keterbukaan
a.
Prinsip keterbukaan tetap memperhatikan ketentuan rahasia Bank, rahasia jabatan
dan hak-hak pribadi sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.
b.
Bank Sinarmas menyampaikan :
- Pengumuman
Laporan keuangan publikasi triwulanan melalui paling kurang 1 (satu) surat
kabar harian berbahasa Indonesia yang beredar Nasional; dan
- Laporan
Tahunan Bank Sinarmas kepada Bank Indonesia, Yayasan Lembaga Konsumen
Indonesia, Lembaga Pemeringkat di Indonesia, Asosiasi Perbankan di Indonesia,
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2 (dua) Lembaga Penelitian Ekonomi
dan Keuangan, 2 (dua) Majalah Ekonomi dan Keuangan.
2. Akuntabilitas
a. Bank Sinarmas menetapkan tanggung jawab yang jelas dari
masing-masing organ Bank yang selaras dengan visi, misi, sasaran usaha dan
strategi Bank Sinarmas.
b. Dalam pengelolaannya, Bank Sinarmas menerapkan check
and balance system.
c. Bank juga memiliki ukuran kinerja dari semua jajaran
berdasarkan ukuran yang disepakati konsisten dengan nilai-nilai Perusahaan (corporate
values), sasaran usaha dan strategi Bank serta memiliki sistem reward dan
punishment system.
d. Bank Sinarmas meyakini bahwa semua organ pada struktur
organisasi Bank mempunyai kompetensi sesuai dengan tanggung jawabnya dan
memahami perannya dalam implementasi GCG.
3. Tanggung Jawab
a. Bank Sinarmas berpegang pada prinsip kehati-hatian (prudential
banking practices) dan menjamin kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.
b. Bank Sinarmas sebagai good corporate citizen peduli
terhadap lingkungan dan melaksanakan tanggung jawab sosial secara wajar.
4. Kemandirian
a. Bank Sinarmas menghindari terjadinya dominasi yang tidak
wajar oleh stakeholder manapun dan tidak terpengaruh oleh kepentingan
sepihak serta terbebas dari benturan kepentingan (conflict of interest).
b. Bank Sinarmas mengambil keputusan secara obyektif dan
bebas dari segala tekanan.
5. Kewajaran
a. Bank Sinarmas memberikan kesempatan kepada seluruh stakeholders
untuk memberikan masukan dan menyampaikan pendapat bagi kepentingan Bank
Sinarmas serta mempunyai akses terhadap informasi sesuai dengan prinsip
keterbukaan.
b. Dalam rangka menerapkan prinsip kewajaran (fairness),
Bank Sinarmas memperhatikan hak-hak dan perlakuan yang sama terhadap semua
pemegang saham sesuai dengan klasifikasi.
c. Bank Sinarmas memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders
berdasarkan asas kesetaraan dan kewajaran (equal treatment).
Menurut Thomas S. Kaihatu, esensi dari corporate
governance adalah peningkatan kinerja perusahaan melalui supervisi atau
pemantauan kinerja manajemen dan adanya akuntabilitas manajemen terhadap
pemangku kepentingan lainnya, berdasarkan kerangka aturan dan peraturan yang
berlaku.
Dalam mengimplementasikan prinsip Keterbukaan (transparency)
sesuai dengan ketentuan GCG, maka Bank Sinarmas menyampaikan Laporan
Pelaksanaan GCG, sebagai salah satu indikator dalam melaksanakan tata kelola
perusahaan yang baik. 3
Sebagai
upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan GCG, Bank Sinarmas secara berkala
melakukan self assessment secara komprehensif terhadap kecukupan
pelaksanaan GCG untuk memantau serta mengevaluasi pengimplementasiannya dan
melakukan kajian rencana tindak lanjut (action plan), termasuk tindak
korektif (corrective action) apabila diperlukan guna mendapatkan hasil
yang lebih sempurna.
TUGAS UTAMA /JOB DESCRIPTION:
¢
Keuangan:
Bertanggung jawab terhadap semua transaksi yang
terjadi,memastikan kebenaran semua dana ,membuat laporan.
¢
Pemasaran:
Melakukan upaya pemasaran untuk meningkatkan
penjualan produk ,bekerja sama dengan
direksi dalam rangka memperluas jaringan pemasaran dan berupaya meningkatkan
pangsa pasar dan produk.
¢
Personalia:
Menyiapkan dokumen penting,membantu kelancaran
direksi dibidang personalia.
¢
Produksi:
Membuat perencanaan,pengembangan menjaga sistem
STRUKTUR ORGANISASI
PRODUK DALAM BANK SINARMAS Gedung Bank Sinarmas Lt.4, Jl. Basuki Rahmat No. 58,
Malang;
1.
Pendidikan(schoolarship),
2.
Kesehatan,
3.
Tabungan hari tua(tambahan dana pensiun),
4.
Produk Religi(umroh),
5.
Rumah,
6.
Generali
PROSEDUR
PADA MASING-MASING BIDANG:
¢
Keuangan:
Pembayaran:Setiap
nasabah langsung menyetorkan pada sinarmas(langsung via bank)melalui rekening
virtual account.
Penggajian:Kalau
untuk karyawan & admin(gaji tetap)dan untuk agensi (komisi)
Transaksi:Jika
pada saat prospekting nasabah setuju untuk pembuatan polis tsb.dan nasabah
melakukan virtual account
¢
Personalia:
Job
street,(mem-power)mencari karyawan tetap
¢
Pemasaran:
Terjun
kelapangan untuk mencari nasabah
Dalam
bentuk;Agen(mensosialisasikan),Iklan,Sosmed
¢
Produksi:
Pendidikan(secular
sift),Kesehatan,Tabungan hari tua(tambahan dana pensiun),Produk
Religi(umroh),Rumah,Generali
Proses
transaksi:Transaksi dilakukan secara bulanan,3 bulan,6bulan,tahunan dan
sekaligus
UNTUK
GENERALY MELAKUKAN TRANSAKSI SECARA “TAHUNAN”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar